Deodoran Buatan Sendiri

Saya punya masalah bau badan sejak masuk SMP di tahun 1986, sepertinya berhubungan dengan pubertas karena di usia 12-13 tahun itu saya mendapatkan mens pertama dan mulai harus mengenakan bra.

Awalnya saya menggunakan bedak tabur untuk menghilangkan bau ketiak, eh malah jadi burket. Aroma badan kalau berkeringat ternyata jadi makin nggak karuan. Akhirnya menemukan solusi menggunakan bedak MBK, singkatan dari “menghilangkan bau ketiak”, yang legendaris dan ternyata masih ada di pasaran sampai sekarang.

Mulai tahun 2000an, berhubung sudah mulai bekerja dan mampu belanja rada banyakan, saya mulai menggunakan deodoran stick maupun roll on. Ibu saya sebenarnya melarang mengingat pengalaman almarhum ayah yang menghitam kulit ketiaknya karena kandungan bahan-bahan kimia dalam deodoran roll on. Ternyata memang aluminium dll dalam deodoran membuat kulit menjadi hitam bahkan ada bahaya kanker jika masuk ke dalam tubuh.

Sejak beberapa minggu lalu akhirnya saya menggunakan krim deodoran buatan sendiri setelah browsing sana-sini. Bahan-bahan utamanya hanya tiga macam: Minyak kelapa (VCO = virgin coconut oil), baking soda, tepung maizena. Belakangan saya tambahkan minyak atsiri (essential oil) supaya bau ketiak nggak “gurih” khas minyak kelapa.

Berdasarkan https://www.bintang.com/food-travel/read/2330465/bikin-deodoran-sendiri-dengan-3-bahan-alami ternyata ketiga bahan itu memang ampuh untuk menghilangkan bau ketiak secara alami. VCO mengandung zat antibakteri (sehingga mencegah tumbuhnya bakteri penyebab bau) dan juga bisa menghaluskan kulit ketiak. Baking soda juga memiliki khasiat yang sama. Tepung maizena selain menghambat pertumbuhan bakteri juga bisa mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan.

Beberapa laman menyarankan penggunakan arrowroot powder (tepung garut), tapi saya hanya menggunakan tepung maizena yang gampang diperoleh di minimarket.

Deodoran yang saya buat bahannya:
– 2 sendok makan tepung maizena
– 2 sendok makan baking soda
– 4 sendok makan VCO
– 4 tetes minyak atsiri aroma melati

Hasilnya sekitar 25 gram, saya simpan dalam jar bekas krim malam, biasanya cukup untuk penggunaan selama sebulan (saya hanya gunakan di pagi hari sebelum berangkat ke kantor).

Cara menggunakannya memang rada ribet. Supaya nggak menodai pakaian, sesudah dioleskan di ketiak harus dibiarkan mengering dulu selama 2 menit. Hasilnya bau badan tetap segar seharian, yakin bebas bakteri secara alami dan aman untuk kesehatan.

Coba deh.

REFERENSI:
https://javatalk.info/2017/08/cara-membuat-deodoran-dari-minyak-kelapa.html/
http://www.erabaru.net/2016/08/15/deodoran-minyak-kelapa/
http://www.theprairiehomestead.com/2012/12/diy-coconut-oil-deodorant.html
https://wellnessmama.com/1523/natural-deodorant/
https://wellnessmama.com/4901/deodorant-bar-recipe/

Leave a comment